• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Dewan Targetkan 20 Perda

 06-01-2016 10:21 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 2615 kali Berita Kota

SEMARANG - Pada awal tahun ini, kalangan dewan berupaya meningkatkan kinerjanya dalam pembangunan Kota Semarang. Upayanya yakni menuntaskan pembentukan raperda dan memaksimalkan fungsi pengawasan.

Tercatat, pada 2015 lalu DPRD Kota Semarang sudah merampungkan sebanyak 13 perda. Ditargetkan pada tahun ini, maksimal 20 perda dapat disahkan.

“Dalam kegiatan internal, kami akan lebih bekerja dengan serius, terutama dalam pembentukan raperda. Kami akan memaksimalkannya,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Joko Santoso, usai sidang paripurna perdana 2016 (5/1).

Soal fungsi pengawasan, kata dia, dewan akan melakukan evaluasi terhadap sejumlah proyek yang sedang dikerjakan. Dengan begitu, infrastruktur bagi masyarakat pun dapat cepat selesai. “Kami akan memaksimalkan fungsi pengawasan proyek-proyek daerah, terutama proses lelang perlu dievaluasi, karena, beberapa kegiatan belum selesai. Contohnya proyek Sawah Besar dan GOR Tri Lomba Juang. Kami akan merekomendasikan kepada pemkot terhadap proyek-proyek yang belum selesai, rekanan perlu di-blacklist,” tegas politikus Partai Gerindra itu.

Ia juga menyoroti soal kegiatan pengadaan di Dinas Pendidikan Kota Semarang. Menurut dia perencanaan di dinas tersebut kurang baik sehingga kualitas yang didapat buruk. “Saya juga mendapat masukan dari rekanan yang akan mengerjakan kegiatan pengadaan disana. Mereka mengeluh karena harga material yang dipatok dinas terlalu rendah dari harga yang ada di pasaran atau sesuai aturan lelang. Untuk itu, pemkot juga bisa memperhatikan hal tersebut,” jelasnya lagi.