• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Tahun Baru, Kota Lama akan Direvitalisasi

 08-01-2016 07:59 WIB    by Tanya Jawab    Dilihat: 1787 kali Berita Kota

Perayaan pergantian tahun Kota Semarang berlangsung meriah yang berpusat di titik nol Kota Semarang, Kamis (31/12). Diawali dengan doa bersama yang dihadiri oleh Pj. Walikota Semarang, Muspida, Sekda, SKPD, Camat, Kepala Sekolah di Loby kantor Walikota yang dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Pj. Walikota Semarang Tavip Supriyanto dan diserahkan kepada Dandim 0733 BS Kota Semarang.
Usai berdoa bersama rombongan Pj. Walikota menuju ke titik nol kilometer depan kantor pos semarang untuk menghadiri Malam Pentas Akhir Tahun 2015 Semarang yang juga dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Forkopinda Jateng.
Kegiatan pergantian tahun berlangsung sangat meriah karena dihibur aluran musik dangdut, musik rock dengan menampilkan Utopia, Yoda Idol, serta lokal tallent OM Dewandaru, Absurdnation, V-Pazt.
Gubernur memberi sambutan dan bersama meniup terompet pergantian tahun 2016. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan lounching revitalisasi kota lama ditandai pemukulan gong elektrik oleh Gubernur Jateng.
Sementara terkait launching revitalisasi Kota lama Pj Walikota Semarang Tavip Supriyanto menyebutkan bahwa Pemkot Semarang, Pemrov, dan Pemerintah Pusat berupaya untuk membuat Kota lama menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang.
Pihaknya menambahkan pada tahun2016 Dinas Bina Marga akan melakukan perbaikan jalan dan penambahan interior jalan di kawasan kota lama guna mendukung rencana tersebut. “Terdapat anggaran sebesar 68 milyar untuk perbaikan jalan Merak serta 30 miliar untuk perbaikan jalan Mpu Tantular baik dari APBD Kota, Provinsi, maupun Pusat,” tambahnya.
Untuk jalan Merak pasca perbaikan, kami akan melakukan pembatasan tonase guna pemeliharaan jalan. Selain itu terkait sejumlah bangunan di Kota Lama yang berpemilik, pihaknya akan melakukan pendataan. Saat ini dari 100 bangunan baru 47% yang sudah teridentifikasi dan akan mulai ditata.
Hal yang sama dikatakan Gubernur Ganjar Pranowo bahwa revitalisasi ini diperlukan partisipasi dari para pemilik gedung. “Targetnya adalah tertata kawasannya, teridentifikasi kepemilikannya, serta terdapat pembentkan sektor-sektor dalam perencanaan per wilayah,” ujarnya.
Harapan dari kedua pemimpin daerah tahun 2016 ini seluruh warga masyarakat dapat memulai dengan semangat gotong royong, kebersamaan dan kekompakan  untuk membangun Kota Semarang sehingga kesejahteraan akan meningkat.
“Selain itu Kota lama ini akan menjadi salah satu icon wisata herritage kota Semarang yang menjadi kebanggaan dunia,” pungkas Pj. Walikota.