• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

14 Tahun Sakit Parah,Ambulan Hebat Jemput Asih

 03-11-2017 07:41 WIB    by Admin    Dilihat: 83 kali Berita Kota
Pemkot Semarang- Asih wanita penderita kanker kelenjar getah bening warga Kalialang RT 2 RW 1 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati hanya bisa duduk lemas lantaran sakit yang ia derita 14 tahun lamanya. Sembari ditunggui Adiknya Karmijah, Asih bersiap-siap menuju ke RSUP Kariadi dengan dibawa Ambulan Hebat, Kamis (2/11/2017) malam, ditemani putrinya.

Sudah belasan tahun wanita berusia 60 tahun ini lemah lunglai lantaran penyakitnya yang tidak kunjung sembuh. Apalagi dengan biaya perawatan yang diperkirakan mahal, keluarganya pun tidak bisa berbuat apa-apa.

Adik Asih, Karmijah menjelaskan kakaknya saat ini tinggal bersama dengan putrinya dan orang tuanya yang sudah tua renta. “Kakak saya ini punya suami tapi tidak tanggungjawab tau istrinya sakit lumpuh, malah ditinggal pergi. Sedangkan anaknya yang cowok, perhatiannya kurang sama ibunya. Tinggal sama anaknya yang Cewek ini yang mengurus sehari-hari. Perhatian lebih banyak dari para tetangga,”:katanya.

Ia pun merasa senang saat ini kakaknya dibawa ke rumah sakit untuk di lakukan perawatan intensif. Apalagi menurutnya, sang kakak memiliki kartu jaminan kesehatan dari pemerintah kota dan telah terdaftar menjadi warga kurang mampu.

“Akhirnya kakak saya dibawa kerumah sakit seneng hati saya. Sebelumny akalau mau dibawa ke RS, tidak ada yang nganterin. Mau pakai mobil tidak bisa takut malah kenapa-kenapa,” imbunya.

Kondisi Asih yang terkena penyakit kanker kelnjar getah bening ini diketahui Walikota Semarang Hendrar Prihadi, pasca adanya program Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Masyarakat. Laporan dari masyarakat ini pun langsung direspon cepat dengan orang no satu di Kota Semarang ini. Melalui ambulan si Hebat, Asih langsung dibawa ke rumah sakit Kariadi.

"Pas ketika kami meluncurkan program UHC, ada warga yang melaporkan warga Kalialang yang tidak mampu menderita sakit. Makanya Saya beserta tim dokter datang menjemput. Biaya ditanggung pemerintah," ujarnya.

Menurut Walikota, program jaminan Kesehatan bagi masyarakat ini akan sangat tepat sasaran jika masyarakat yang sedang sakit langsung dapat menggunakan program ini. Oleh karenanya peran serta dari warga Semarang yang melihat tetangganya yang sakit bisa langsung melaporkan ke dinas Kesehatan Kota Semarang.

“Kalau warga ada yang sakit bisa lapor ke saya atau ke Dinas Kesehatan langsung. Saya ini juga memantau jadi sebisa mungkin kita akan cepat layanai warga yang sakit itu. Semoga ibu Asih bisa segera sehat kembali dan berkumpul dengan keluarganya,” jelasnya.

Sementara itu, Asih akan mendapat perawatan di Kamar kelas 3 di RSUP Kariadi, perawatan yang diberikan gratis ditanggung pemerintah kota, melalui Program UHC