• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Wali Kota Hendi : Perlunya Menanamkan Nilai Nasionalisme Sejak Dini

 07-11-2017 14:23 WIB    by Admin    Dilihat: 132 kali Berita Kota
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi , Selasa (7/11) pagi tadi memperingati Hari Pahlawan ke-72 bersama ratusan anak-anak siswa-siswi di Labschool Unnes (Universitas Negeri Semarang) di Jalan Menoreh Tengah X, Kota Semarang.

Hendi, panggilan akrab orang nomor satu di Kota Semarang ini berbaur akrab dan hangat  dengan ratusan siswa-siswi dari  dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak-kanak) sampai Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang mengenakan berbagai kostum seperti; seragam polisi dan seragam tentara. Juga berbagai macam jenis pakaian berbagai profesi dan pakaian adat dari beberapa provinsi dari Sabang sampai Merauke yang tersebar di seluruh pulau Indonesia. hadapan ratusan anak yang duduk lesehan dibawah.

Sebagai warga negara Indonesia, harus ikhlas dan rela menyerahkan diri menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kep[entingan pribadi. "Sifat kepahlawanan ini penting. Bahwa kita tinggal di sebuah Negara yang besar namanya Indonesia ya kita pasti harus mau dan ikhlas berkorban untuk bangsa kita. Karena setiap hari aktifitas kita di Indonesia," terangnya.

Maka, Hendi menambahkan jika bangsa Indonesia memerlukan kita untuk berjuang baik menangkal hoaxs maupun korupsi yang merajalela, kita harus ikut melakukan dua hal tersebut. "Jadi kalau Indonesia perlu peran kita menangkal hoaxs kita harus ikhlas lakukan itu. Kalau Indonesia perlu peran kita untuk bersama-sama membersihkan birokrasi dari korupsi, nah kita harus ikhlas seperti itu. Jadi, itu namanya cinta dan bangga Indonesia. Itu paling tepat dilakukan dan diajarkan sejak usia dini," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unnes Rustono menyatakan pihaknya sengaja mengundang Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai salah satu bagian pengembangan pendidikan dan karakter anak-anak siswa di labschool Unnes. "Kita menghadirkan Pak Wali Kota biar sekaligus berdialog dengan anak-anak dan orang tua siswa mengenai pengembangan sekolah lab yang ada di Semarang ini," jelasnya. Rustono berharap, dengan hadirnya Hendi memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak siswa akan tumbuh jiwa dan sifat kepemimpinan serta nasionalisme kepada siswa.
 
"Alhamdulillah Wali Kota  sangat enjoy menanamkan sifat-sifat sifat kebangsaan berkenaan hari pahlawan. Ini juga untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme. Secara fisik tadi juga kita lakukan kepada anak-anak dengan mengenakan berbagai jenis pakaian, termasuk pakaian adat,".
 
Usai kegiatan, Hendi kepada awak media menjelaskan pendidikan dan pembentukan karakter anak-anak yang mempunyai jiwa kepahlawanansangatlah penting. "Pasti (penting)! Karena lewat pembentukan karakter mereka bias memahami bahwa apa yang harus dilakukan harus selalu benar. Mana yang salah harus tidak dilakukan. Ini yang harus ditanamkan sejak dini. Termasuk membentuk sifat kepahlawanan,"jelasnya.

Di akhir acara, Hendi juga meminta kepada anak-anak untuk selalu giat belajar dan bersekolah supaya berprestasi dan menjadi anak yang pintar serta berbakat.