• SELAMAT DATANG DI PORTAL PEMERINTAH KOTA SEMARANG
  • BE SMART CITY : Based on E-gov, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City.
  • CyGoS (Cyber Government : Semarang) - Cyber Administration, Cyber Information, Cyber Public Service, Cyber Licensing, Cyber Marketing City, Cyber Planning, etc 

Walikota Komitmen Tambah Ruang Terbuka Hijau

 07-06-2018 11:16 WIB    by Admin    Dilihat: 1753 kali Berita Kota

SEMARANG - Walikota Semarang Hendrar Prihadi betkomitmen untuk terus menambah ruang terbuka hijau (rth) di Kota Atlas. Dibuktikan dengan diresmikannya taman di Kawasan bundaran Kalibanteng oleh Hendi -sapaan akrabnya- Rabu, (6/6) kemarin. 

Taman ini merupakan satu dari 22 taman yang dibangun Pemerintah Kota Semarang di tahun 2017. Tahun ini, 2018, pemerintah akan menambah kembali taman di 18 titik.

Satu hal yang menarik, di taman ini berdiri patung proklamator Indonesia, Ir. Soekarno setinggi 4 meter. Bersama pondasi bawah, secara keseluruhan patung ini berdiri setinggi 6,5 meter. 

Hendi mengatakan, Ir Soekarno merupakan tokoh dengan ajaran-ajaran yang harus selalu diingat dan dilestarikan. Hal ini pula yang mendasari dipilihnya patung proklamator berdiri di taman yang dibangun pada lahan bekas bangunan UPTD pendidikan ini. 

"Soekarno merupakan tokoh proklamator dan pendiri bangsa. Kita pilih mendirikan patung Soekarno karena kita punya komitmen besar untuk tidak melupakan sejarah bangsa," jelas Hendi usai menabdatangani prasasti tanda diresmikannya taman dengan patung proklamator ini Rabu, (6/6) tepat di hari kelahiran Presiden pertama Indonesia tersebut. 

Selain meresmikan taman, pada hari yang sama Hendi juga melakukan pantauan di sejumlah tempat kota Semarang untuk memastikan kesiapan lebaran. Bersama Kapolrestabes Semarang Kombes Abiyoso Seno Aji, Hendi memantau sejumlah titik jalur mudik yang diputuskan tidak perlu digunakan. "Seperti exit daerah Jrakah dan krapyak, di tol fungsional. Kapolrestabes minta ke Jasa Marga agar tidak dibuka," ujarnya.

Sehingga, dijelaskan olehnya, para pemudik yang menuju Semarang akan keluar melalui pintu tol keluar Gayamsari. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan di wilayah Jrakah dan Krapyak.

Hendi juga melakukan pantauan di kebun binatang Mangkang. Ia menemukan, setelah dikelola perusda pendapatan satu bulan terakhir mencapai 600 juta atau meningkat 3 kali lipat. "Biasanya seminggu libur lebaran kebun binatang bisa mendapat 1 Miliar. Libur lebaran ini ditargetkan bisa mencapai 3 Miliar. Semoga tercapai," harapnya.

Hendi juga menyampaikan rasa senang dan bangga dalam pantauannya di bandara Baru Ahmad Yani Semarang. Ia katakan, bandara siap digunakan untuk mudik 2018 dan akan diresmikan Presiden Joko Widodo sore ini, Kamis (7/6).