Rakor Forum Data Gender Kota Semarang


04 Juli 2019  •  12:08  •  Dilihat 152x  •  DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PEL  •  Kegiatan
Rakor Forum Data Gender Kota Semarang

Data gender dan anak menjadi elemen pokok bagi terselenggaranya pengarusutamaan gender (PUG) dalam pemenuhan hak laki-laki, perempuan dan anak di berbagai bidang pembangunan. Saat ini data dan informasi yang ada belum berupa database yang terintegrasi, dan informasi gender merupakan sesuatu yang tidak statis tetapi bersifat dinamis dan selalu berubah. Justru karena sifat dinamis dan selalu berubah itulah, maka harus didukung dengan adanya aplikasi yang memadai.

Data dan informasi sangat dibutuhkan sebagai bahan masukan dalam perencanaan pembangunan di semua bidang, tidak terkecuali pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Perencanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak membutuhkan data gender dan anak yang sangat terkait dengan seluruh bidang pembangunan. Dengan demikian, data gender dan anak tidak hanya menjadi kebutuhan dan perhatian dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang saja, tetapi data gender dan anak harus menjadi bagian penting dalam pengelolaan data di seluruh lintas sektor kota Semarang.

Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi forum data gender ini menjadi sangat relevan dan strategis untuk mendukung perencanaan dan arah pembangunan ke depan, karena forum data penyelenggara sistem informasi gender adalah wadah komunikasi OPD di Kota Semarang dan wadah komunikasi Forum SIGA di kota Semarang untuk berbagi pengalaman dan memudahkan akses terkait upaya penyediaan data terpilah dan analisis gender. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang menyelenggarakan "Rapat Koordinasi Forum Data Gender Kota Semarang Tahun 2019" pada Selasa, 2 Juli 2019 lalu di Hotel Grasia Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.29, Gajahmungkur, Kota Semarang.

Peserta yang hadir dalam pelatihan ini berasal dari Lembaga vertikal, Instansi yang termasuk dalam jejaring SIGA, dan LSM. Perlu adanya pengembangan melalui  aplikasi SIGA Kota Semarang sebagai langkah untuk mendukung dan  mendorong terbangunya sistem Data dan Informasi Gender dan Anak Kota  Semarang. Tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk memberikan masukan terkait indikator SIGA Kota Semarang; memberikan masukan kepada pihak DP3A Kota Semarang untuk kemajuan dan pengembangan selanjutnya; dan mengajak berkolaborasi sebagai kontributor Data dan Informasi pada aplikasi SIGA Kota Semarang.

Kegiatan Rakor Forum Data Gender ini diharap akan dapat meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintah dan masyarakat dalam pemanfaataan Aplikasi SIGA serta memperkuat Kelembagaan  Forum Data termasuk Kontributor Data.

Menu Portal

Berita Populer