" Selamat Datang di website Resmi Pemerintah Kota Semarang " Visi Pemerintah Kota Semarang tahun 2010 s/d 2015 :“TERWUJUDNYA SEMARANG KOTA PERDAGANGAN DAN JASA, YANG BERBUDAYA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”                                                        Selamat Hari Natal 2013 dan Tahun Baru 2014                                                        Gunakan Hak Pilih Anda, Ayo datang ke TPS coblos pilihan anda pada tanggal 9 April 2014                                                        Sampaikan keluhan anda terkait pelaksanaan Pemilihan ke Posko Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu Kota Semarang, Jl. Pemuda 148 Smg Telp. 024 3521707, 024 3513366 ps.1529                                                       
Menu Utama
Informasi
Link SKPD Pemerintah
  • Lansia Turut Semarakkan Hari Jadi

    26 April 2013 Wulan Berita

    IMG_2369.JPGBerbagai lomba unik dan menarik turut menyemarakkan hari jadi ke 466 Kota Semarang. Seperti kegiatan yang dilaksanakan di Hall Balaikota Semarang, ratusan lansia dan pra lansia berlomba adu kelincahan dalam lomba senam lansia, Kamis (25/4). Walau letih mendera dan udara panas menyeruak sepanjang siang, para lansia itu tetap aktif dan semangat mengikuti lomba hingga akhir.

    Menurut Kabid Kesehatan keluarga, Purwanti Susantini menjelaskan bahwa populasi lanjut usia di dunia kian bertambah terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Peningkatan jumlah lanjut usia ini diikuti pula meningkatnya masalah kesehatan yang mana membutuhkan antisipasi dari dunia kesehatan, Panti Wredha, lintas sektor, dan LSM yang peduli terhadap kesehatan lanjut usia. ”Untuk itulah melalui lomba ini Dinas Kesehatan Kota Semarang berupaya menjadikan lansia tetap sehat dan bugar di usia senja,” tambahnya.

    Menurutnya sebagian besar lansia tidak melakukan latihan olah raga secara teratur, untuk itu melalui lomba ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi organ serta menutunkan resiko mendapatkan berbagai penyakit degeneratif. ”Selain itu, lomba senam ini diadakan guna meningkatkan kegiatan senam lansia di poksila serta agar para pra lansia dan lansia lebih bersemangat dan merasa dihargai,” ujarnya Purwanti

    Sementara Kepala Dinas Kesehatan, Widhoyono, dalam sambutan Plt. Walikota Semarang menyebutkan bahwa pihaknya memberikan apresiasi terhadap semangat para lansia dalam lomba tersebut. ”Ini yang harus kita tiru sebagai generasi penerus, terus berolahraga tanpa mengenal batas usia,” ujarnya.

    Selama ini Pemerintah Kota Semarang tidak mengesampingkan kepentingan dan eksistensi Lansia. Hal ini diwujudkan dengan menyediakan sarana prasarana fisik yang ramah Lansia seperti Puskesmas Santun Lansia, tempat olahraga atau jogging track di Simpang Lima, tempat menyeberang untuk Lansia serta sarana prasarana lain yang kita arahkan pada terwujudnya kota ramah Lansia.

    Pihaknya juga berpendapat bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap upaya peningkatan kesehatan lansia di Kota Semarang. ”Selain itu juga bisa menjadi sarana agar para Lansia di Kota Semarang tetap sehat, produktif, mandiri dan berdaya guna yang pada muaranya akan merangsang warga masyarakat yang lain untuk semangat menjaga kesehatan dengan berolahraga,” lanjutnya.

    Senam lansia ini diikuti oleh 28 kelompok dari 16 kecamatan yang terdiri dari 2 kategori pra lansia yang berusia 46 – 59 tahun dan kategori lansia dengan usia lebih dari 60 tahun. Sedangkan juri didatangkan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, FOMI Kota Semarang, Formi Kota Semarang dan RS dr. Kariadi Semarang.

    Terpilih sebagai pemenang dengan kategori Pra lansia yaitu Kelurahan Krobokan dari kecamatan Semarang barat untuk juara I, kelurahan Kedungmundu Kecamatan Tembalang sebagai juara II, Kelurahan Bululor Kecamatan Semarang utara sebagai juara III. Sedangkan juara harapan I diarih oleh Kelurahan Karangdoro dari Kecamatan Semarang Timur, juara harapan II diraih oleh Kelurahan Tambakaji dari Kecamatan Ngaliyan, dan Kelurahan Bangetayu Kecamatan Genuk.

    Sedangkan untuk kategori lansia terpili Kelurahan Pegangan Kecamatan Gajahmungkur sebagai juara I, Kelurahan Lampertengah Kecamatan Semarang Selatan sebagai juara II, Kelurahan Ngemplak Simongan Kecamatan Semarang Barat sebagai juara III, Kelurahan Padangsari Kecamatan Banyumanik menjuarai harapan I, Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan menjuarai harapan II, dan Kelurahan kedungmundu Kecamatan Tembalang sebagai juara harapan III. Para pemenang yang terpilih selain mendapatkan piala, juga mendapatkan piagam dan soufenir dari panitia penyelenggara.