" Selamat Datang di website Resmi Pemerintah Kota Semarang " Visi Pemerintah Kota Semarang tahun 2010 s/d 2015 :“TERWUJUDNYA SEMARANG KOTA PERDAGANGAN DAN JASA, YANG BERBUDAYA MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA”                                                        Selamat Hari Natal 2013 dan Tahun Baru 2014                                                        Gunakan Hak Pilih Anda, Ayo datang ke TPS coblos pilihan anda pada tanggal 9 April 2014                                                        Sampaikan keluhan anda terkait pelaksanaan Pemilihan ke Posko Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu Kota Semarang, Jl. Pemuda 148 Smg Telp. 024 3521707, 024 3513366 ps.1529                                                       
Menu Utama
Informasi
Link SKPD Pemerintah
  • Muharram Agung Festival Meriahkan Tahun Baru 1434 Hijriyah

    13 November 2012 Wulan Berita

    Picture1.jpgPemkot Semarang bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) selenggerakan Muharram Agung Festival. Festival yang diselenggarakan dalam rangka memasuki tahun 1435 Hijriyah tersebut berupa serangkaian acara yang dimulai Rabu (13/11) hingga Minggu (18/11).

    Ketua panitia Ir. Ferry Firmawan, MT menyebutkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk Menandai tahun baru islam sebagai icon pemberdayaan kota Semarang serta untuk mendukung Visit Jateng 2013 dan program Ayo Wisata ke Semarang. “Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk Mempromosikan hasil perindustrian dan perdagangan di Wilayah Jawa Tengah,” ujarnya.

    Menurut Ferry, kegiatan ini dapat dijadikan ajang untuk mengangkat sisi religiusme dari Kota Semarang. “Tidak hanya tahun baru masehi saja yang dirayakan besar-besaran, tahun baru hijriyah juga patut diangkat guna menambah keimanan dari masyarakat,” sambung Ferry. Rangkaian kegiatan dalam rangka pergantian tahun baru islam ini diantaranya berupa kegiatan sosial, festival pameran, festival kesenian, dan festival kuliner.

    Untuk mengawali serangkaian kegiatan tahun baru islam ini, dilakukan kegiatan sosial berupa khitanan masal pada Selasa (13/11) di Masjid Baiturahman. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pawai kota dan tabligh akbar di lapangan simpang lima, Rabu (14/11) pukul 19.00. Acara yang bertujuan untuk memupuk keimanan masyarakat ini diikuti 10.000 pedzikir dari Al Hikmah dan sekaligus merupakan puncak acara.

    Sedangkan pameran UMKM, kuliner, sembako murah, komunitas seni dan hiburan dilaksanakan Kamis (15/11) selama 4 hari yang dimulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00. “Dalam festival seni selain terdapat pameran lukisan, fotografi, desain grafis, dan seni kontemporer akan dipamerkan pula hasil karya bintang tamu Muhammad Budhowi yang merupakan seniman dengan hasil karya seninya yang lekat dengan tema kedamaian dan perdamaian,” papar Ferry.

    Yang unik, terdapat pula area foto berupa background dan ornamen lampion untuk pengunjung dalam mendokumentasikan kemeriahan Muharram Agung Festifal. Sedangkan untuk menutup rangkaian festival ini akan dilakukan jalan santai dan pemecahan rekor muri, pelantikan CSR dan penutupan oleh Gubernur Jawa Tengah pada Minggu (18/11).

    Wayangan Semalam Suntuk

    Di lain tempat, dalam memasuki tahun baru islam ini Pemkot Semarang juga selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit 1 Muharram 1434 Hijriyah, Rabu (14/11). Kepala Disbudpar Kota Semarang Nurjanah menyebutkan bahwa Pagelaran Wayang Kulit ini diselenggarakan tiap tahunnya saat memasuki tahun baru islam dalam melestarikan dan meningkatkan kekayaan adat budaya.

    “Pagelaran yang mengusung tema ‘Semar Mbangun Khayangan’ ini diselenggarakan guna melestarikan tradisi peringatan 1 Muharam serta meningkatkan nilai-nilai luhur yang terkandung semangat peringatan 1 Muharam dalam rangka membangun jati diri masyarakat Kota Semarang terutama nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh Punakawan Semar,” tutur Nurjanah.

    Wayangan semalam suntuk ini digelar di Halaman Balaikota Semarang ini menghadirkan dalang Ki Joko ‘Edan’ Hadiwijoyo serta dimeriahkan dengan Campursari, Lawak dari Teguh dan Totok, dan Wayang Orang.

    “Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk hadir dan menyaksikan pagelaran wayang kulit yang dilakukan semalam suntuk ini” ajak Nurjanah. Ia menambahkan, untuk pengunjung yang hadir dalam pagelaran tersebut, pihaknya telah menyediakan sejumlah kantong parkir, diantaranya di SMA Negeri 3 Semarang, Kodim 0733/BS, serta di lorong Gedung DPRD Semarang. (wa4)